Daniel Streich sebelumnya benci masjid namun kini bersujud

20:46 0

Daniel Streich
Daniel Streich
Daniel Streich, anggota Partai Rakyat Swiss (SVP) menjadi sosok terkenal. Bukan saja awalnya dia sangat menentang keras pembangunan masjid di negaranya, melainkan dirinya secara mengejutkan berpindah haluan menjadi seorang muslim.




Streich penganut kristen taat. Dia dibesarkan dengan ajaran Kristiani dan semasa kecil pernah bercita-cita menjadi pastor. Namun ketika remaja niatnya berubah. Ia mulai gemar berpolitik dan tanpa ragu terjun langsung menjadi anggota partai ternama di Swiss.

SVP bukan partai sembarangan. Di dalamnya terdiri dari cendekia, ilmuwan, pelajar, dan pegiat bukan dari kalangan muslim. Partai ini menjadi penentang nomor wahid penyebaran Islam di Swiss dan Streich paling vokal menyerukan penutupan masjid di seantero Negeri Cokelat ini.

Streich mempropagandakan anti-Islam ke seluruh negaranya. Ia menaburkan benih-benih kemarahan dan cemoohan bagi umat Islam di Swiss. Ia merasa mimbar dan kubah masjid tidak cocok dengan budaya negara itu. Ia juga menuding Islam agama teroris, pembuat onar, dan kekerasan.

Dalam usahanya menyingkirkan Islam dari Swiss, lelaki ini malah mempelajari Alquran dan Islam. Ia berharap dengan memahami ajaran Nabi Muhammad itu, dia mampu meruntuhkan iman kaum muslim. Yang terjadi, ia malah terpesona dengan agama rahmatan lil alamin ini.

Semakin jauh Streich belajar Islam, semakin tenggelam dia dalam keindahan agama samawi itu. "Banyak perbedaan saya dapatkan ketika mempelajari Islam. Agama ini memberikan saya jawaban logis atas pertanyaan hidup penting dan tidak saya temukan di agama saya," katanya.

Presiden Organisasi Konferensi Islam (OKI) Abdul Majid Aldai mengatakan orang Eropa sebenarnya memiliki keinginan besar mengetahui Islam dan hubungan antara Islam dengan terorisme, sama halnya dengan Streich.

Dulu, Streich sering meluangkan waktu membaca Alkitab dan pergi ke gereja, tapi sekarang ia membaca Alquran dan melakukan salat lima waktu setiap hari. Dia keluar dari SVP dan mengumumkan status muslimnya. Streich bilang telah menemukan kebenaran hidup dalam Islam yang tidak dapat ia temukan dalam agama sebelumnya.

Tags under mualaf

Taki Takazawa, mantan tukang tato Yakuza jadi imam masjid di Jepang

20:42 0
Taki Takazawa
Taki Takazawa
Nama aslinya Taki Takazawa. Rambutnya gondrong dan tubuhnya dipenuhi tato. Secara penampilan, dia nampak mirip dengan anggota kelompok mafia Jepang, biasa disebut Yakuza. Dia memang mantan tukang tato para anggota geng paling ditakuti di Negeri Matahari Terbit itu. Selama 20 tahun profesi itu digelutinya.

Tapi pandangan negatif pada penampilan fisiknya itu berubah saat dia mengumandangkan Azan. Takazawa kini menjadi Imam sebuah masjid di Ibu Kota Tokyo. Setelah mengucapkan dua kalimat Syahadat, Takazawa mencantumkan nama muslim Abdullah, berarti Hamba Allah SWT.





Perkenalannya dengan Islam secara tidak sengaja terjadi di Wilayah Shibuya. Takazawa melihat seseorang dengan kulit dan janggut putih. Orang itu juga mengenakan baju dan turban warna suci. "Orang itu memberikan sebuah kertas dan menyuruh saya membaca kalimat tertera bersama dia," ujarnya.

Kalimat itu ternyata Syahadat, pengakuan pada ke-esaan Allah SWT dan Muhammad SAW sebagai utusannya. Meski tak paham secara keseluruhan, Takazawa pernah mendengar sepintas Allah dan Muhammad. Seperti kebanyakan penduduk Jepang, Takazawa menganut aliran kepercayaan Shinto.

Pertemuan dengan orang serba putih itu membekas di ingatan Takazawa. Dua tahun setelah memeluk Islam, dia bertemu lagi dengan sosok inspiratifnya itu. "Ternyata dia pernah menjadi Imam di Masjid Nabawi, Kota Madinah, Arab Saudi. Saya bersyukur bisa bertemu dengannya," katanya.

Imam Masjid Nabawi itu meminta Takazawa untuk menjadi Imam di masjid di wilayah Shinjuku. Sebelumnya, dia melaksanakan ibadah haji dan menimba ilmu beberapa bulan di Kota Makkah. Nama Takazawa terkenal lantaran dia menjadi satu diantara lima imam Masjid besar di Jepang, dari 13 juta populasi manusia di Tokyo.

 sumber

Reog Ponorogo Indonesia

20:38 0
Reog Ponorogo
Reog Ponorogo
Reog is a traditional Indonesian dance form. There are many types of Reogs in Indonesia, but the most notable ones are Reog Ponorogo (East Java) and Reog Sunda (West Java). Although both share a similar name, there is no connection nor similar theme among these traditions. Reog Ponorogo seems to be the kind of dance that demonstrate physical strength and extravagant lion-peafowl mask and costumes, while Reog Sunda is a lot more like a traditional musical comedy and dance.

Reog is a traditional dance that become the main identity for Ponorogo Regency. Reog National Festival is held every years along the anniversary of Ponorogo regency and Grebeg Suro celebration. Reog dance is also staged full moon nightly in paseban, Ponorogo town square. Reog told about the struggle for a prince who will propose to a beautiful princess.





Reog Ponorogo tells the story of a mythical battle between the King of Ponorogo and the magical lion-like creature called Singa Barong. Singa Barong is a large mask usually made of tiger's or leopard's head skin, upon the mask attached a large fan adorned with peafowl feathers. The Singa Barong mask was notoriously heavy, the dancer of Singo Barong bear the mask about 30 – 40 kg weight and supported by the strength of their teeth.

The leading figures in Reog Ponorogo performance includes:

Klono Sewandono, A men in regal attire wearing mask in proud and pompous dance, play the role as the King of Ponorogo
Bujang Anom, rough youthful men wearing red mask, they performed acrobatic dances and sometimes also involved trance.
Jatil, the youthful handsome horsemen riding horses made of weaved bamboo, similar to Kuda Lumping dance. Today Jatil usually performed by female dancers.
Warok, played as Singa Barong, the mythical creature. The one that allowed to performed this mask dance is called warok. A warok is the hororary title of local hero or strongman of the village that possessed both exceptional spiritual and phyisical strength. The dance itself is demonstration of phyisical strength of the dancers.

Bakti Alam Farm Nongkojajar, Pasuruan.

09:50 0
Bakti Alam Farm bertempat di Desa Ngembal Kecamatan Tutur Pasuruan, adalah merupakan salah satu tempat wisata yang berbasis pada wisata buah. Wisata yang berada di daerah pegunungan pada ketinggian 450 sampai 550 mdpl ini adalah wisata yang banyak digemari keluarga, karyawan kantor, anak anak dan lain lain. Setelah lama bekerja biasanya wisatawan senang sekali melepas penat dan berkunjung ke wisata bhakti alam pasuruan ini. Wisata bhakti alam pasuruan lokasinya tidak jauh dari kota Probolinggo.

Bakti Alam Farm Nongkojajar1
sumber images : www.eastjava.com

Hanya dengan tiket seharga Rp30.000,00 anda bisa menikmati indahnya alam pasuruan di Wisata bhakti alam Pasuruan. Setelah masuk dan naik kereta, kita bisa menikmati susu sapi perah dan segelas juice buah asli dan gratis Cuma Cuma. Banyak sekali pemandangan indah yang bisa kita nikmati di Wisata bhakti alam Pasuruan ini diantaranya kebun buah yang sangat indah.. banyak sekali buah yang bisa anda cicipi di wisata bhakti alam Pasuruan.

Bakti Alam Farm Nongkojajar2
Bhakti ALam Nongkojajar
Dengan menempati lahan seluas 50 Ha dan terdiri dari 40 jenis buah dan masing-masing buah terdiri dari kurang lebih 15 buah antara lain :

  • Buah Durian ( Montong, Bajul, Kancil, lokal ), 
  • Klenkeng pingpong, 
  • Mangga, 
  • Buah naga, 
  • golden melon, 
  • Semangka,
  • jeruk 
  • dan lain-lain, 





Juga di lengkapi dengan peternakan sapi perah sekaligus pengepakannya, ada juga guest House / cottage serta area bermain anak-anak serta camping ground menjadi Bakti Alam Farm sebagai pusat wisata buah.

Sebagai pusat pembelajaran bagi para pengunjung untuk bisa belajar mengenali jenis-jenis buah yang ada karena tidak saja tersedia buah lokal buah luar negeri.

Lokasi dari Nongkojajar hanya berjarak sekitar 13 Km dan dapat di tempuh dalam 15 menit saja, atau dari arah Purwosari bisa belok menuju Desa Puntir terus ke Desa Ngembal akan menjadi lebih dekat lagi apalagi di tunjang dengan jalan yang cukup bagus menjadikan perjalanan terasa nyaman.

Sumatran Tiger in Indonesia

09:41 0
Sumatran tiger
Sumatran Tiger
Sumatran tiger (Panthera tigris sumatrae) is a subspecies of tiger found on the Indonesian island of Sumatra. Recent genetic testing has revealed the presence of unique genetic markers, which isolate Sumatran tigers from all mainland subspecies. About 400-500 wild Sumatran tigers were believed to exist in 1998, but their numbers have continued to decline. According to the statistic in 2010 there were approximately 400 Sumatran Tigers remaining in the wild.





The origin of fauna in Indonesia is heavily affected by geographical and geological events on the Asian continental landmass and the Australasian continental landmass (now Australia). The present New Guinea island was connected with the present Australia continent, forming a supercontinent called the southern supercontinent Gondwana. This supercontinent began to break up 140 million years ago, and the New Guinea region (previously known as Sahul) moved towards the equator. As a result, animals from New Guinea traveled to the Australian continent and vice versa, creating many different species living in different ecosystems. This activities continued to occur until the two regions separated completely.

The influence of the Asian continental landmass, on the other hand, was the result of the reformation of the Laurasia supercontinent, which existed after the breakup of Rodinia around 1 billion years ago. Around 200 million years ago, the Laurasia supercontinent split completely, forming Laurentia (now America) and Eurasia continents. The mainland of the Eurasia continent, including China, was not separated completely from the Indonesian archipelago. As a result, animals from the Eurasia mainland could travel to the archipelago, and, under a different ecosystems, new forms of species were formed.

In the nineteenth century, Alfred Russel Wallace proposed the idea of the Wallace Line, a notional line dividing the Indonesian archipelago into two regions, the Asian zoogeographical region (Sundaland) and the Australasian zoogeographical region (Wallacea). The line runs through the Malay Archipelago, between Borneo and Sulawesi (Celebes); and between Bali and Lombok. Although the distance from Bali to Lombok is relatively short, only about 35 kilometres, the fauna distribution is still affected by the line. For example, a group of birds would refuse to cross even the smallest stretches of open water. A second line, lying east, known as the Webber Line, has also been proposed to separate between "transition species" and species of Australian origin.

Pengalaman Ustad Yusuf Mansyur Tentang Asma-ul Husnah

16:11 0
Allah Yang Maha Membuka, Allah Juga Yang Maha Memberikan Rizki. Kita sebutlah Nama-Nya, sesuai dengan Seruan-Nya: Walillaahil asmaa-ul husnaa,fad’uuhu bihaa, dan bagi Allah Asmaa-ul Husnaa, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-Nya. (baca: Qs. al A’raaf [7]: 180).

Satu hari, ibu saya memanggil saya dan menyerahkan satu tulisan tangannya. “Baca nih. Amalin. Insya Allah hidup akan berubah…”.





Di tangan saya, ada secarik kertas keramat pemberian ibu saya. Ya, keramat. Sebab yang memberikan ibu saya langsung. Bukan keramat menjadi jimat. Tapi keramat untuk menunjukkan begitu berharganya secarik kertas itu.

Ibu saya, Hajjah Humrif’ah Binti Hajjah Rofi’ah Binti KH. Muhammad Mansur Bin KH. Abdul Hamid, demikian saya tulis nama lengkapnya untuk menghormati diri beliau, menghadiahkan tulisan ini kepada saya. Tulisan yang berisi sebuah doa:

Awloohumma yaa Fattaahu yaa Rozzaaqu, wahai Allah Yang Maha Membuka, wahai Allah Yang Maha Memberikan Rizki. Hawwil haalanaa ilaa ahsanil haal, ubahlah keadaan kami kepada keadaan yang lebih baik lagi.

Ustad Yusuf Mansyur
Ustad Yusuf Mansyur 


Begitu kertas itu berisi.
Dahsyat sekali isi kertas tersebut. Saya yang butuh perubahan, saat itu dan hingga kapanpun, tentu sangat membutuhkan amalan zikir ini. Apalagi zikir ini dari ibu sendiri. Subhaanallaah. Saya tentunya dapat dua keutamaan; Keutamaan pertama adalah menurut perintah dan permintaan ibu. Keutamaan kedua adalah berkumpulnya keutamaan doa, zikir, dan membaca Asmaa-ul Husnaa. Apalagi sungguh, saat itu, saat diberikannya “tugas” itu, saya betul-betul sedang membutuhkan suatu perubahan. Tak sanggup rasanya mengubah diri sendiri tanpa bantuan Allah. Tak ‘kan pernah sanggup. Masalah saya melebihi gunung rasanya. Masalah saya lebih dalam dari lautan rasanya. Dan masalah saya terasa seperti batu karang yang ga ‘kan pernah bisa saya tembus. Jadi, saya sangat bergembira mendapat amalan ini.

Saya amalkan dengan riang.
Saya tanya ibu saya, berapa kali. Baca aja sebanyak-banyaknya. Dan karena baca sebanyak-banyaknya ini menjadi tidak jelas, lalu saya mengarantina diri ini dengan membacanya sekian-sekian. Dan waktunya pun saya tentukan sendiri. Saban habis shalat.

Jika ditanya dalil nash al Qur’an dan al Haditsnya, secara langsung tidak ada. Tapi biar saja. Itu kan angka yang saya wajibkan kepada diri sendiri. Bukan suatu kewajiban yang mengada-ngada. Dosisnya saya sesuaikan dengan diri saya.

Hingga kemudian mengalirlah amalan ini untuk jamaah yang satu demi satu datang ke saya. bahkan, ketika berdiri Pesantren Daarul Qur’an, wirid ini menjadi saya wajibkan untuk dibaca; 111x sehabis shalat, 33x, atau sekurang-kurangnya 11x. Dipilih mana yang anak-anak santri dan asaatidz kuat bacanya. Dan bacaan ini pun dijadikan bacaan Riyadhah wajib buat mereka-mereka yang mengikuti Riyadhah 40 hari.

Alhamdulillah. Seingat saya ketika saya membaca, saya memvisualkan keyakinan saya akan satu keyakinan bahwa Allah akan benar-benar mengubah nasib saya.

Saya mengingat, satu hari saya pulang ke rumah. Saya yang banyak hutangnya, saya yang miring betul pandangan kanan kiri terhadap diri saya, sering merasa terhina sebab buanyak sekali kasus, pulang. Sampe depan rumah, saya buka helm yang menutupi wajah dan kepala. Saya buka juga slayer. Di depan pintu rumah, masih di atas motor, saya mencium wangi kuah bakso.

“Bang, bakso…”, begitu saya berteriak ke tukang bakso dari atas motor saya.

Tukang bakso ini dagang di depan rumah saya sedari saya kecil. Dan setahu saya, baik nenek saya, ibu saya, maupun orang-orang tua saya yang lain, tidak pernah mengutip bayaran atas dipakenya tanah halaman rumah kami untuk dia dagang. Ga pake nyewa. Yang istilahnya, kalopun saya minta, masihlah wajar. Eh tiba-tiba dia menengok serius, dan ngomong begini: “Bayar ga…?”. Serius banget mukanya. Saya ingat betul. Sampe sekarang, he he he.

Saat itu saya sensitif sekali. Hati saya hancur. Tukang bakso depan rumah saja ga percaya kalo saya bakalan bayar. Dia mengenal reputasi saya sebagai “orang yang berhutang” dan ga bakal bayar.

Saya butuh amalan yang disampaikan ibu saya. Saya butuh sekali. Supaya Allah mengubah hidup saya. Dari berhutang, menjadi tidak berhutang. Dan saya berharap, ada keridhaan ibu saya ketika saya mengamalkan wirid yang demikian. Amin.

Alhamdulillah. Maka, kepada saudara-saudara semua yang butuh perubahan, butuh aliran rizki tak terduga dari Allah. Perubahan apa saja, dan rizki apa saja, silahkan dawamkan (biasakan) baca wirid ini. Dan dalam kerangka membiasakan, hendaknya pakailah target bacanya sekian sekian. Bila ada yang tanya, wuah, koq pake dibaca sekian sekian sih? Ga ada tuntunannya tuh. Biar saja. Ga usah didengar. Mereka tidak merasakan yang kita rasakan. Kita perlu latihan, hingga kemudian pembiasaan wirid ini mendarah daging, dan menyatu dengan darah kita. Sampe kemudian kita pun berkenan membacanya di luar shalat, bahkan kelak sampe ke pembacaan zikir secara amaliyah (keyakinan, perbuatan) dan sir (hati).

Hendaknya juga sesiapa yang berkenan mengamalkan ini, bacalah sesudahnya membaca wirid yang dianjurkan Rasulullaah SAW sehabis shalat.


Sumber : http://dnadzifah.blogspot.com/2012/03/pengalaman-tentang-asmaul-husna-ust.html

Inilah Akibatnya Jika Anda Sering Menarik Nafas Secara teratur

15:50 0
Manfaat Menarik Nafas Secara teratur
Akibat Menarik Nafas Secara teratur
Berapa kali Anda menarik napas dalam untuk setiap hari? Kalau tidak pernah, mulailah untuk berlatih menarik napas yang dalam karena cara ini bagus untuk membantu tubuh memperbanyak asupan oksigen. Asal tahu saja ketika otot-otot sekitar tulang rusuk kekurangan oksigen maka otot kehilangan elastisitas dan menjadi lemah.





Kalau ini terjadi bisa mempengaruhi aliran oksigen ke seluruh darah dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Nah, dengan melakukan teknik pernapasan yang benar dengan cara tarik napas dalam akan sangat membantu membuat tubuh sehat secara keseluruhan.

Bernapas dengan teknik yang benar yaitu dengan menarik napas panjang dan dalam, maka hal itu justru bisa membuat organ-organ dalam tubuh Anda untuk bekerja secara optimal.

Caranya hirup napas dari hidung sebanyak-banyaknya sampai perut membesar kemudian tahan untuk awalnya bisa 30 detik, lalu udara dibuang melalui mulut sehingga perut mengempes lagi.

Paling bagus adalah jika menghirup, menahan napas dan membuang napas dilakukan dalam jeda waktu yang sama. Misalnya menghirup napas 30 detik, menahan napas 30 detik dan membuang napas 30 detik.

Jika kemampuannya sudah meningkat waktunya untuk latihan napas ini bisa terus bertambah sesuai kemampuan masing-masing.

Apa manfaat melakukan latihan pernapasan?

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari menarik napas panjang:


1. Meningkatkan fungsi paru
Pernapasan dada yang pendek tidak menyediakan oksigen yang cukup dalam darah, yang berarti bahwa kurang pula oksigen yang tersedia untuk jaringan dan organ tubuh. Hal ini karena ketika orang menarik napas cepat dan dangkal, paru-paru tidak cukup mengembang untuk memungkinkan transfer maksimum oksigen ke dalam darah.

Sedangkan ketika Anda menarik napas dalam atau pernapasan diafragma menyebabkan perut untuk lebih luas. Pernapasan diafragma dapat menarik udara ke dalam lobus bawah paru-paru dimana sebagian besar terjadi transfer oksigen.

2. Meningkatkan aliran limfatik (getah bening)
Dengan membantu mengembangkan paru-paru lebih penuh, pernapasan dalam juga meningkatkan aliran cairan limfatik yang membantu mencegah infeksi. Sistem limfatik bekerja dengan cara yang sama untuk sistem peredaran darah.

Bila darah membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, getah bening dapat mencegah tubuh dari penyebab penyakit seperti bakteri, infeksi virus, zat-zat asing, mati sel-sel darah putih, racun dan limbah selular lainnya.

Meski aliran getah bening harus diperbaiki untuk menghilangkan sisa metabolisme dari tubuh, tapi seperti sistem peredaran darah sistem limfatik pun tidak memiliki pompa sendiri. Sebaliknya, cairan getah bening tergantung pada mekanisme pernapasan untuk membantu bergerak. Jadi, pernapasan yang baik akan bisa meningkatkan aliran limfatik.

3. Meredakan stres
Pernapasan yang dangkal sering merupakan tanda terlalu banyak tekanan. Akibatnya, sedikit oksigen yang mencapai otak dan otot-otot dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan ketegangan fisik.

Salah satu cara untuk membuat tubuh rileks adalah dengan berkonsentrasi pada pernapasan.Bernapas bisa sebagai teknik relaksasi untuk mengelola stres dan sakit kepala. Kuncinya adalah fokus pada menghilangkan ketegangan dengan bernapas melalui diafragma, mengisi perut dengan udara.

Bernapas dalam dapat membantu mengurangi keparahan dan frekuensi ketegangan sakit kepala yang berhubungan dengan stres, memperlambat denyut jantung, tekanan darah rendah dan mengurangi kelelahan.

4. Mempercepat penurunan berat badan
Walaupun rahasia mempercepat metabolisme berat badan adalah dengan membakar lemak, tapi latihan pernapasan dalam bisa menjadi bagian dari yoga yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Pernapasan dalam membuat tubuh lebih mudah mendapatkan oksigen yang dibutuhkan untuk proses metabolisme secara efisien. Teknik pernapasan yang tepat sangat penting untuk latihan aerobik yang efektif juga, sehingga dapat meningkatkan energi dan membuat Anda merasa lebih mudah untuk terlibat dalam aktivitas fisik lebih kuat.


sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7158447

10 Fakta Menarik Tentang Orang Tangan Kidal

16:41 0




10 Fakta Menarik Tentang Orang Tangan Kidal.  Menurut The Left Handers Club, sebuah organisasi orang-orang kidal tak pernah menganggap bahwa kidal itu adalah sebuah kelainan, tapi sebaliknya, mereka malah menganggap kidal adalah sebuah keunikan. Sampai saat ini, belum ada dokter atau ilmuwan yang mengerti pasti apa penyebab kidal. Ada beberapa teori yang mencetuskan alasan kenapa seseorang bisa kidal, tapi kebenarannya belum teruji secara pasti.

10 Fakta Menarik Tentang Orang Tangan Kidal
 Fakta Menarik Tentang Orang Tangan Kidal [sumber images:www.gazetebilkent.com]

10 Fakta Menarik Orang Tangan Kidal


1. Menurut statistik, dari sebuah populasi, 15%-nya termasuk kidal. Pria biasanya dua kali lebih cenderung kidal daripada wanita.

2. Orang kidal memiliki kemungkinan lebih besar untuk mejadi jenius. 20% dari jumlah anggota organisasi MENSA, sebuah organisasi untuk orang-orang dengan IQ tertinggi sedunia, dilaporkan kidal.

3. Jika kedua orangtua kidal, maka ada kemungkinan 50% keturunan mereka juga akan kidal. Sementara jika kedua orangtua tidak kidal, kemungkinan tadi akan turun menjadi 2% saja.

4. Orang kidal dapat merespon stimulasi (rangsangan) dengan lebih baik sehingga kebanyakan orang kidal jago bermain game.

5. Semakin tua seorang Ibu saat melahirkan, semakin besar kemungkinan anaknya lahir kidal.

6. 4 dari 5 desainer komputer Mac dilaporkan kidal.

7. Menurut sebuah penelitian, orang kidal hidupnya 9 tahun lebih pendek dari yang tidak kidal.

8. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Alan Searleman dari St Lawrence University di New York, menunjukkan bahwa orang kidal mampu mendukung sisi kiri tubuhnya untuk semua kegiatan fisik. Orang kidal juga dua kali lebih terampil dalam pemecahan masalah dan memiliki IQ lebih tinggi dari orang yang aktif dengan tangan kanan.

9. Orang dengan tangan kidal relatif lebih cerdas dari pada bukan kidal (Guardian UK)

10. orang Kidal jumlah sampai saat ini sekitar 10% dari seluruh populasi dunia (National Geographic)


Anne William Kennedy, cendikiawan Inggris jadi muslim di Palestina

15:37 0




Anne William Kennedy, perempuan dan cendekiawan asal Inggris, Sabtu lalu mantap memeluk Islam di Jalur Gaza, Palestina. Dia mengucapkan dua kalimat syahadat didampingi oleh Ketua Asosiasi Sarjana Palestina Dr. Salim Salama.

Setelah selesai bersyahadat dan diteruskan doa, Anne dan Salim melakukan konferensi pers di kantor Asosiasi Sarjana Palestina diliput oleh beberapa stasiun televisi. Dia lalu mengganti namanya menjadi Khadijah Hassan.

Anne yakin memeluk Islam setelah dia bertukar pikiran dan berdialog dengan Yusuf Hassan, seorang pemuda asal Khan Yunis, Gaza Selatan. Sebelum memutuskan menjadi muslimah, pemegang gelar sarjana di bidang ekonomi, politik, dan filsafat itu membaca buku-buku tentang Islam.

Anne William Kennedy
Anne William Kennedy
Anne mengaku gembira setelah resmi menjadi muslimah dan bangga bisa berada di Jalur Gaza. Menurut dia kota itu tepat buat ditinggali kaum muslim. Dia masih mengajar agama di sebuah sekolah di Inggris sampai sekarang.

Dalam konferensi pers, Salim Salama mengucapkan selamat kepada Anne yakin menjadi muslimah. Di akhir jumpa pers, dia memberikan sebuah mushaf Alquran dengan terjemahan Inggris kepada muslimah itu.

 sumber

Kuliner Indonesia Sate Madura

15:28 0
Lezatnya Sate Madura
Lezatnya Sate Madura 


Kuliner Indonesia Sate Madura adalah sate khas Pulau Madura, Jawa Timur. Sate Madura biasanya terbuat dari ayam. Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya. Kuliner satu ini sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Palembang, Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Konon di Madura sendiri sate susah dicari. Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Memanggangnya dengan api dari batok kelapa yang dihanguskan lebih dulu yang disebut dengan arang batok kelapa. Rasanya gurih tapi dipantangkan kepada mereka yang berkolesterol tinggi dan yang pengidap asam urat akut.

Sate Madura umumnya adalah sate ayam yang diberi sambal berupa saus kacang. Namun di Madura sendiri kadangkala yang dipakai bukanlah saus kacang namun saus atau sambal kemiri. Selain itu seringkali arang pembakaran sate ini sering ditaburi dengan jeruk limau.

Penjual Sate Khas Indonesia Ada Di Amerika

15:22 0
Food Truck1
Sate Indonesia Di Amerika
Di Washington DC, Amerika Serikat, ternyata ada sebuah food truck unik yang menjual menu sate ayam halal. Food truck ini sendiri telah dibuka pertengahan tahun 2012 milik seorang chef asal Indonesia yang menjual berbagai menu Indonesia seperti mie ayam, nasi campur, serta rendang dan pastinya sate sebagai menu andalan.

Menu-menunya dibanderol dari harga $9 hingga $11 atau berkisar antara Rp Rp 108.000an hingga Rp 132.000an. Dan yang unik lagi food truck sate halal ini juga melakukan promosi dengan media sosial dengan akun “satétruck”.

Beragam kuliner Indonesia juga jadi makanan favorit di mancanegara. Seperti sate ayam in Dreamers. Makanan satu ini tak hanya masuk kedalam jajaran makanan terlezat di dunia dan banyak sekali penggemarnya, seperti di Washington DC tersebut!

Food Truck
Food Tuck

Food Truck2
Food Tuck


Food Truck3
Food Tuck

Kampung Kanal Suzhou, China

12:48 0
Kanal Suzhou
Kanal Suzhou
Perkampungan di kanan-kiri Kanal Suzhou di bagian timur China ini. Kanal ini merupakan anak Sungai Yangtze.
Kota air ini didirikan pada abad ke-5 SM, yang dihiasi taman dan jembatan-jembatan batu. Kanal ini dijuluki ‘Venesia dari China’ dan dahulu merupakan jalur perdagangan sutra karena mendekati Grand Canal, jalur sungai perdagangan terbesar di dunia.

Sejarah 

Suzhou, sebagai penggerak kebudayaan Wu, adalah kota tertua di sepanjang sungai Yangtze. Pemukim lokal yang menamai diri mereka "Gou Wu" telah menempati daerah ini sejak 2500 tahun lalu di akhir Dinasti Shang.

Tahun 514 SM, di saat Periode Musim Semi dan Gugur, Raja Helu dari Wu mendirikan "Kota Helu Raya", nama kuno Suzhou, sebagai ibu kota.

Tahun 496 SM, Helu dikubukurkan Huqiu (Bukit Harimau).

Tahun 473 SM, Wu dikalahkan oleh Yue, kerajaan lain di sebelah timur yang tak lama kemudian dikuasai Chu in 306 SM. Masa kejayaan Suzhou berakhir.

Pada saat Dinasti Qin, kota ini dikenal sebagai kotamadya Wu. Xiang Yu memulai kebangkitan bersejarahnya disini pada tahun 209 SM; Qin dikalahkan.

Pada masa Dinasti Sui, nama kota ini diubah menjadi Suzhou pada tahun 589 SM.

Ketika pembangunan Kanal Besar Tiongkok selesai, lokasi Suzhou menjadi strategis di antara jalur perdagangan utama. Di sepanjang sejarah Tiongkok, Suzhou selalu menjadi pusat industri dan perdagangan di wilayah tenggara pesisir Tiongkok.

Semasa Dinasti Tang (825 AD), pujangga ternama Bai Juyi mendirikan Kanal Shantang Canal untuk menghungkan Suzhou dengan Huqiu untuk para wisatawan.

Tahun 1035 SM, kelenteng Konfusius dibangun.

Pada bulan Februari 1130, pasukan Jin dari utara menyerbu kota dan melalukan penghancuran besar-besaran, yang kemudian disusul oleh invansi bangsa Mongol (1275) dan penghancuran kota kerajaan (di pusat kota bertembok) di awal Dinasti Ming (1367).


Sebuah taman klasik di Suzhou
Setelah itu, kota ini mengalami masa yang lebih makmur; banyak taman-taman pribadi yang indah dan terkenal dibangun oleh pejabat-pejabat dari Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Bencana selanjutnya terjadi pada tahun 1860 pada waktu pasukan pemberontakan Taiping mendekati dan menguasai kota. Pada bulan November 1863, Pasukan Kemenangan Abadi pimpinan Charles Gordon merebut kota ini dari pasukan Taiping.

Krisis berikutnya terjadi pada saat masa penjajahan Jepang (1937), dengan hancurnya taman-taman setelah perang berakhir. Pada awal tahun 1950-an, pemugaran dilakukan pada Zhuo-Zheng Yuan (Taman Administrator Humble), Dong Yuan (Taman Timur), dan lainnya, untuk mengembalikan fungsinya. Karena itu, taman-taman yang tersisa hingga kini kebanyakan memiliki gaya arsitektur Dinasti Qing (1616-1911 AD), walaupun banyak yang dibangun sejak masa Dinasti Ming (1368-1644 AD).

Pada tahun 1981, kota kuno ini masuk dalam daftar Perwakilan Negara sebagai salah satu dari empat kota (yang lainnya: Beijing, Hangzhou dan Guilin) yang peninggalan sejarah dan budaya, dan juga pemandangan alamnya, harus dilindungi dan perawatannya mendapat prioritas.

Taman-taman klasik Suzhou ditambahkan dalam daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997 dan 2000.
(wikipedia.org)

Bilal Philips, Mualaf Yang Juga Islamkan 3.000 Tentara Amerika

12:39 0
Bilal Philips
Bilal Philips
Abu Ameenah Bilal Philips bernama asli Dennis Bradley Philips. Dia berdarah Jamaika namun masa kecilnya dihabiskan di Kanada. Perjalanannya mengenal Islam menarik untuk disimak.

Sebelum menjadi muslim, Philips menganut musik dan cinta sebagai agamanya. Dibesarkan dalam kultur musik Jamaika kental membuat ia memilih menjadi gitaris. Di kesengsem Jimi Hendrix dan Bob Marley. Saat berkuliah di Universitas Simon Frasier, Kota Vancouver, Kanada, dia kerap ngamen di klub dan kafe mempertontonkan kemahirannya bermain musik.

Bermain musik memberikan kesempatan pria kelahiran Jamaika, 6 Januari 1946, ini menjelajah ke berbagai negara, termasuk Malaysia dan Indonesia pada 1960-an. Di dua negara berpenduduk mayoritas Islam ini, Philips mulai tertarik mempelajari agama Nabi Muhammad.

Balik ke negaranya pada 1972, lelaki berjanggut ini memutuskan mempelajari Islam secara intensif. Dia kerap berdiskusi dengan para cendekiawan muslim dan mempelajari buku-buku agama rahmatan lil alamin ini. Tak perlu waktu cukup banyak, beberapa bulan kemudian Philips mengucapkan dua kalimat syahadat, tanda sumpah serta pengakuan keesaan Allah dan Rasulullah sebagai utusanNya.

Setelah menjadi muslim, Philips memutuskan berhenti menjadi musikus dan mempelajari agama barunya lebih dalam. Dia mengaku tidak nyaman lagi bermusik. "Menjadi artis rentan terhadap perilaku dilarang Allah seperti obat-obatan, seks bebas, perempuan, dan pergaulan salah. Saya tidak mau seperti itu lagi," ujarnya.

Dia kembali bersekolah dengan mendaftarkan diri ke jurusan studi Islam di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Alasannya, dia ingin belajar Islam dari sumber klasik di kota-kota bersejarah dan bukan budaya prakteknya. "Beda lingkungan akan berbeda menerjemahkan Islam," kata Philips.

Kelar di Universitas Madinah, Philips terus belajar. Kali ini dia mendaftar program master di Universitas Riyadh. Selain berkuliah, dia juga nyambi menjadi pembawa acara Why Islam di Channel Two, stasiun televisi milik pemerintah Saudi. Acara seputar wawancara dengan para muallaf dari berbagai latar

belakang dan ketertarikan mereka mempelajari Islam. Dengan membawa acara itu, Philips mengaku imannya semakin kuat. Tak cuma menjadi presenter, dia juga menulis buku, antara lain Poligami dalam Islam dan Prinsip Dasar Iman dalam Islam.

Kelar kuliah S2 pada 1990-an, Philips bekerja di departemen agama markas besar Angkatan Udara Arab Saudi di Ibu Kota Riyadh. Kala itu Perang Teluk tengah berkecamuk. Irak menginvansi ke Kuwait karena menolak menghapus utang luar negeri negeri Saddam Hussein itu. Posisi Kuwait kewalahan dan meminta bantuan ke Amerika Serikat. Negara adidaya itu mengirimkan pasukannya dan membuat pangkalan di Arab Saudi.

Ketika tentara Amerika bermarkas di Negeri Petro Dollar itu, Philips kebagian memberikan materi tentang Islam kepada mereka. Ini penting untuk mengajarkan pengetahuan benar Islam bukanlah agama menyukai kekerasan. Hasilnya, sekitar tiga ribu serdadu Amerika masuk Islam.

Selepas Perang Teluk, Philips dikirim ke Amerika untuk mendampingi para tentara muallaf itu. Dia mendapat bantuan dari anggota tentara beragama Islam untuk membuat konferensi dan kegiatan. Usahanya ini membuahkan hasil dan militer Amerika akhirnya membangun musala di seluruh pangkalan militer mereka.

Kelar proyek itu, Philips hijrah ke Filipina dan mendirikan pusat informasi di Mindanao serta universitas berbasis Islam di Cotobato City. Pada 1994, Philips mendapat undangan bergabung dengan lembaga amal Dar Al Ber di Dubai, Uni Emirat Arab. Di sana ia membentuk pusat informasi Discover Islam di Kota Karama. Proyeknya kali ini mengundang ulama dari pelbagai negara. Dalam lima tahun, pusat informasi itu telah membuat 15 ribu orang dari seluruh penjuru dunia mengucapkan dua kalimat syahadat.

Sumber : link

Arnoud van Doorn, anti-Islam kini jadi muslim

12:35 0
Arnoud van Doorn
Arnoud van Doorn
Arnoud van Doorn, salah satu anggota partai politik sayap kanan Belanda dari Partai Bagi Kebebasan, yang dikenal anti-Islam dikabarkan telah masuk Islam. Doorn menjadi muslim setelah dia melakukan penelitian mengenai agama ajaran Nabi Muhammad itu dan kehidupan kaum muslim.

"Saya mengerti kenapa semua orang skeptis, terutama mengenai hal-hal yang tak terduga bagi banyak orang. Ini merupakan keputusan besar yang saya tidak anggap remeh," kata Doorn.

Kabar keputusan Doorn masuk Islam pertama kali muncul saat dia menyebut kata 'awal baru' di akun Twitter dia bulan lalu. Dia kemudian menulis kalimat syahadat dalam bahasa Arab untuk memproklamirkan kepercayaan barunya itu. Doorn akhirnya mengumumkan bahwa dia sudah masuk Islam.

"Orang-orang terdekat saya tahu bahwahampir setahun belakangan inisaya sedang aktif membaca Alquran, hadist, sunnah, dan buku-buku lainnya tentang Islam," ucap Doorn. "Di samping itu, saya juga banyak melakukan berbagai percakapan dengan kaum muslim tentang agama."

Dia mengatakan dorongan daripartainya agar mempunyai sikap menentang Islam justru membuatnya penasaran dan ingin menggali tentang kebenaran agama Islam sendiri.

"Saya mendengar banyak pandangan buruk mengenai Islam. Namun, saya bukanlah tipe orang yang hanya mengikuti pendapat orang lain tanpa melakukan penelitian terlebih dahulu," ucap dia.

Doorn menjelaskan dia akhirnya mulai melakukan penelitian lebih dalam tentang Islam untuk menjawab rasa keingintahuannya itu "Kerabat saya, Abu Khoulani, dari dewan perwakilan Kota Hague telah membawa saya untuk berhubungan dengan anggota Masjid As-Sunnah, yang akhirnya membuat saya mengenal lebih jauh tentang Islam."

Doorn yang juga merupakan anggota parlemen Belanda dan dewan perwakilan Kota Hague, memang telah lama dikait-kaitkan dengan sikap anti-Islam lantaran tergabung dengan partai pimpinan Geert Wilders itu. Wilders memang dikenal sebagai politikus penentang Islam, kaum muslim, dan Alquran.

Bahkan, Wilders pernah menegaskan perjuangannya menghentikan penyebaran Islam di Eropa dan dunia merupakan tujuan utama dalam hidupnya. "Perjuangan anti-Islam adalah misi hidup saya," kata lelaki 49 tahun itu.

Doorn mengatakan dirinya sadar telah berbuat kesalahan dalam kehidupannya seperti halnya orang lain. Namun, dia menyebut, dari kesalahan-kesalahan itu, dirinya justru telah belajar banyak."Dengan menjadi Islam, saya merasa telah menemukan jalan saya. Saya menyadari ini adalah awal baru dan saya masih harus banyak belajar."
sumber

Jembatan Akar Di Kabupaten Pessel, Sumbar.

12:30 0
Jembatan akar di Kabupaten Pessel, Sumbar.
Jembatan akar di Kabupaten Pessel, Sumbar.


Jembatan akar satu objek wisata bentukan alam yang unik terdapat di Kabupaten Pessel, Sumbar. Pada objek wisata ini, pengunjung bisa melihat jalinan akar-akar pepohonan yang berseberangan pada satu ruas sungai. Keunikannya jalinan akar pepohonan itu terlihat kokoh dan bisa digunakan untuk menyeberangi sungai tersebut. Jembatan tersebut satu objek wisata yang unik dan salah satu keajaiban dunia, karena terbentuk dari jalinan akar-akar pohon beringin yang membentang di atas aliran Sungai Batang Bayang.

Lokasi

Kampung Pulut-Pulut, Kecamatan Bayang Utara, Pessel. Berjarak sekitar 65 kilometer arah selatan kota Padang. Dari arah utara Kota Painan sekitar 24 kilometer.

Fasilitas wisata

Pengunjung bisa menikmati pesona dan suasana alam yang indah serta bermain di jernihnya air sungai. Sarana parkir yang cukup respresentatif

Sarana Transportasi

Pengunjung bisa mengunjungi objek wisata itu menggunakan angkutan umum dan pribadi

Sarana Penginapan

Terdapat sejumlah wisma dan penginapan di pusat Kota Painan.


sumber

How to Get a Girl to Like You - What Do Women REALLY Want?

19:45 0
Agirl
By Nick Martin, The first thing you need to realize is that the things women find attractive about men, are NOT the same things that men find attractive about women. Men, as you know, are very 'visual' beings - it's usually how a girl looks that sets our pulses racing (amongst other things...)

Women, on the other hand, find men attractive because of their personalities. How many surveys have you seen where women place 'sense of humour' as their number one priority when finding a mate? Quite a few I'd bet. A woman's ideal man is an alpha male that is confident and can take the lead, both in life and with her.

"So how do I get her to like me?" you say, "I'm no alpha male." Well, maybe not yet, but you can learn. Like all the good things in life worth learning, it will take effort and time on your part but, I guarantee, it will definitely be worth it.

Here's a tip if you want a girl to like you - Nonchalance.

You need to display non-attachment to whether the girl likes you or not. Great if she does like you, but if not, there are tons of other fish in the sea. Sure, you may not actually feel like that, but that is the 'act' you have got to convincingly sell. You must place a high value on yourself and never come from a position of neediness.

Masjid Tiban, Turen Kabupaten Malang, Jawa Timur

19:07 0
Masjid Tiban
Masjid Tiban

Masjid Tiban berada dalam komplek Pondok Pesantren Biharu Bahri'asali Fadlaailir Rahmah di kawasan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dinamakan 'Tiban' karena konon, masjid ini 'tiba-tiba ada'.

Tahun 2008, masjid ini sempat heboh di kalangan warga dan wisatawan. Usut punya usut, Masjid Tiban dibuat oleh tentara jin hanya dalam 1 malam. Tapi rupanya hal itu tidak terbukti, para santri dan jamaah-lah yang membuat masjid ini sedikit demi sedikit.

Masjid Tiban mulai dibangun tahun 1991, dan sampai sekarang belum bisa dikatakan rampung. Tak tanggung-tanggung, masjid ini punya 9 lantai lengkap dengan toko suvenir, toko makanan ringan, dan area satwa.

Meski gaya arsitekturnya nyentrik seperti bangunan Timur Tengah, tak ada arsitek yang merancang Masjid Tiban. Adalah sang pemilik pondok pesantren, KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh yang mendapatkan petunjuk membangun masjid ini lewat salat istikharah.

Dilansir dari situs 'Wisata di Malang', Kamis (11/7/2013), pesantren itu sendiri sudah ada sejak tahun 1963. Masjid Tiban dibangun sedikit demi sedikit, dan mengusung konsep ramah lingkungan. Bahkan, ada salah satu bagian masjid yang sengaja dibuat menghindari pohon kelapa. Hal itu dilakukan agar pohon kelapa tidak ditebang.

Wisatawan bisa memasuki Masjid Tiban secara gratis, tanpa tiket masuk apa pun. Anda bisa menjelajah 9 lantai masjid ini menggunakan lift maupun tangga. Anda juga bisa melihat aneka satwa seperti kera, burung cendrawasih, kakatua, rusa, dan satwa lain di area khusus. Yang paling utama, menikmati arsitektur dan ornamen nyentrik bangunan ini. Kaligrafi terpahat di banyak tempat!

Masjid Tiban1
Masjid Tiban
Meski santer kabar kalau Masjid Tiban dibangun tentara jin, nyatanya masjid ini asli dibuat oleh para santri. Tapi, tak sedikit wisatawan yang penasaran dan akhirnya datang sendiri ke masjid ini. Apakah Anda salah satunya?

Pengetahuan Tentang Radiasi

18:59 0
Radiasi dapat diartikan sebagai energi yang dipancarkan dalam bentuk partikel atau gelombang. Pengertian tentang radiasi dan gelombang dapat dijelaskan pada kejadian berikut.
Apa yang Anda lakukan jika Anda melihat kolam air tenang yang pada permukaannya mengapung beberapa helai daun? Secara spontan mungkin Anda akan melempar kerikil ke kolam tersebut. Dapat Anda lihat bahwa pada lokasi jatuhnya kerikil akan muncul riak, yang kemudian akan menyebar dalam bentuk lingkaran. Riak-riak tersebut adalah gelombang dan memperlihatkan pergerakan energi yang diberikan oleh kerikil, dan energi tersebut menyebar dari lokasi jatuhnya kerikil ke segala arah. Ketika riak mencapai daun, daun tersebut akan terangkat naik ke puncak gelombang.
Berdasarkan kejadian tersebut dapat dilihat bahwa untuk mengangkat sesuatu diperlukan energi. Karena itu, terangkatnya daun memperlihatkan bahwa gelombang mempunyai energi, dan energi tersebut telah bergerak dari lokasi jatuhnya kerikil ke lokasi terangkatnya daun. Hal yang sama juga berlaku untuk berbagai jenis gelombang dan radiasi lain.
Salah satu karakteristik dari semua radiasi adalah radiasi mempunyai panjang gelombang, yaitu jarak dari suatu puncak gelombang ke puncak gelombang berikutnya.

Radiasi terdiri dari beberapa jenis, dan setiap jenis radiasi tersebut memiliki panjang gelombang masing-masing.
Ditinjau dari massanya, radiasi dapat dibagi menjadi radiasi elektromagnetik dan radiasi partikel. Radiasi elektromagnetik adalah radiasi yang tidak memiliki massa. Radiasi ini terdiri dari gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, cahaya tampak, sinar-X, sinar gamma dan sinar kosmik. Radiasi partikel adalah radiasi berupa partikel yang memiliki massa, misalnya partikel beta, alfa dan neutron.

Radiasi
Radiasi Knowledge
Jika ditinjau dari "muatan listrik"nya, radiasi dapat dibagi menjadi radiasi pengion dan radiasi non-pengion. Radiasi pengion adalah radiasi yang apabila menumbuk atau menabrak sesuatu, akan muncul partikel bermuatan listrik yang disebut ion. Peristiwa terjadinya ion ini disebut ionisasi. Ion ini kemudian akan menimbulkan efek atau pengaruh pada bahan, termasuk benda hidup. Radiasi pengion disebut juga radiasi atom atau radiasi nuklir. Termasuk ke dalam radiasi pengion adalah sinar-X, sinar gamma, sinar kosmik, serta partikel beta, alfa dan neutron. Partikel beta, alfa dan neutron dapat menimbulkan ionisasi secara langsung. Meskipun tidak memiliki massa dan muatan listrik, sinar-X, sinar gamma dan sinar kosmik juga termasuk ke dalam radiasi pengion karena dapat menimbulkan ionisasi secara tidak langsung. Radiasi non-pengion adalah radiasi yang tidak dapat menimbulkan ionisasi. Termasuk ke dalam radiasi non-pengion adalah gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, cahaya tampak dan ultraviolet.

sumber

Tradisi di Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kediri

18:55 0
Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kediri
Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kediri
Peringatan Tahun Baru 1 Suro dilaksanakan dengan tradisi dan ritual khusus di Petilasan Sri Aji Joyoboyo. Tradisi yang dilaksanakan setiap tahun sekali oleh masyarakat Pamenang dan keluarga Hondodento. Banyak warga yang berjubel di sepanjang jalan di Desa Pamenang Kec. Pagu Kabupaten Kediri.
Prosesi diawali dengan arak Pusaka dari Balai Desa Pamenenag menuju Pamuksan Sria Aji Joyoboyo yang dikawal oleh Para sesepuh, emban dan pemuda-pemuda berpakaian adat jawa. Upacara ritual diantaranya Caos Dahar (Tabur Bunga) yang dilakukan oleh gadis- gadis untuk penghormatan kepada   Sang Prabu Sri Aji Joyoboyo.

ritual 1 syuroo
ritual 1 syuroo

Bertaburnya bunga melati di seluruh pelataran pamuksan dan dupa kemeyan yang dibakar menambah suasana sakral amat terasa, bunga melati yang warnanya putih melambangkan kesucian walaupun bunganya kecil mampu menebarkan keharuman.

Kemunculan Pulau Karang Di Madura

18:46 0
Kemunculan Pulau Karang Di Madura
Kemunculan Pulau Karang Di Madura


Fenomena munculnya pulau baru di pantai Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Madura, pada pertengahan bulan Januari 2013, mengejutkan masyarakat sekitarnya.

Beberapa pendapat dari kalangan masyarakat awam mempercayai bahwa kejadian ini merupakan kejadian langka yang menyiratkan kepercayaan mistik karena hanya terjadi dalam satu malam saja. Pendapat lain dari beberapa ilmuwan (walaupun belum ditunjang data, fakta, alasan logis, ataupun hasil kajian saintifik), menduga-duga sebagai salah satu fenomena geologi yang dikait-kaitkan dengan geologi zona Rembang yang dikenal sebagai kawasan terangkat (continued uplift).


Ciri zona Rembang adalah bentuk pola struktur lipatan berarah barat-timur yang melampar dari Jawa Tengah bagian utara sampai ke Madura. Selain itu, muncul juga dugaan adanya kegiatan mud volkano yang aktif kembali atau fenomena gunung lumpur jika dikaitkan dengan dengan kejadian lahirnya gunung lumpur Sidoarjo, dan gunung lumpur di Gresik, Jawa Timur, beberapa waktu yang lalu yang kebetulan berada pada zona satuan tektonik geologi yang sama yaitu puncak struktur lipatan (antiklin).

Kemunculan Pulau Karang Di Madura
Kemunculan Pulau Karang Di Madura

Bentuk pulau baru ini memanjang berarah timur-barat, kecuali bagian ujung-ujung pulau berbentuk melengkung kearah selatan. Luas pulau baru ini dihitung dari data hasil pengukuran Global Positioning System (GPS) pada garis pantai baru adalah sekitar 5.800 m2 atau 0,58 hektar, panjang pulau 224 m, lebar rata-rata 25 m merupakan daratan baru yang terbentuk dari dari timbunan material rombakan koral dengan berbagai ukuran. Ketinggian punggung pulau ini sekitar 3,2 m di atas datum sebagai basemen pulau. Basemen pulau baru yang muncul ke permukaan laut pada saat surut merupakan rataan terumbu di bawah permukaan laut rata-rata berbentuk memanjang sekitar 400 m.

Pada material pembentuk pulau ini banyak ditemukan bongkahan terumbu koral mati (jenis Acropora) ukuran besar sampai diameter 1,3 m menyerupai bentuk jamur tetapi pada posisi yang terbalik, yaitu bagian akar dan batang berada di atas sengkan bagian mahkotanya berada di bawah, seolah-olah telah terdorong dan terangkut dari tempat asalnya (bukan bongkah insitu).

Nasi Tumpang

17:53 0
Nasi Tumpeng
Nasi Tumpeng


Nasi tumpang adalah masakan asli daerah Kediri. Nasi tumpang adalah nasi yang menggunakan kuah berupa sambal tumpang.Sambal tumpang sendiri merupakan sambal yang dibuat dengan bahan baku tempe yang sudah basi (tempe bosok) dan dimasak dengan ayam serta kadang-kadang rambak (kulit sapi). Cara penyajiannya sama persis dengan nasi pecel yang sudah populer.

Tidak semua tempe bisa digunakan. Hanya daerah tertentu yang dapat menghasilkan tempe yang dapat basi sesuai dengan yang diinginkan. Tempe daerah Malang juga tidak bisa digunakan sebagai bahan sambel tumpang, karena tidak bisa basi sesuai dengan kriteria sambal tumpang. Kalaupun dipaksakan dibuat bahan, maka rasanya tidak dapat sesedap aslinya.

Nasi tumpang populer di daerah Kediri dan sekitarnya dan digunakan sebagai menu sarapan pagi, dijual di warung-warung makan di pagi hari yang hanya menjual nasi pecel dan nasi tumpang. Di pusat kota Kediri, tepatnya di Jalan Dhoho, setiap malam di atas pukul 21.00 WIB, setelah pertokoan tutup, seluruh trotoar di jalan itu menjadi warung lesehan nasi pecel dan nasi tumpang.

Gado Gado

17:49 0
Gado-gado
Gado-gado


Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa Timur yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

Jember Fashion Carnaval (JFC) dari Jawa Timur

15:55 0
Jember Fashion
Jember Fashion Carnaval
Jember Fashion Carnaval adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center.

Awalnya karnaval ini hanya pekan mode sederhana yang tiap Tahun diadakan di alun-alun Kota Jember dengan menampilkan Group Reyog Ponorogo. Akan tetapi, kemudian mucullah gagasan dari Dynand Fariz seorang disainer sekaligus pendidik di bidang fashion yang bermukim di Jember untuk mengubah pekan mode ini menjadi sebuah karnaval besar dan kini dikenal sebagai Jember Fashion Carnaval.  Sehingga terciptalah ide pemikiran sebuah parade dengan jalan kaki dengan menggenakan kostum yang menarik, meriah, warna cerah serta berumbai-rumbai. Pelaksanaan JFC sendiri pertama kali disandingkan untuk memeriahkan HUT Kota Jember.

Jember Fashion Carnaval
Jember Fashion Carnaval
Pada saat tahun 2001 menjadi awal dari Jember Festival Carnaval, dimana Ide konsepnyanya tidak jauh beda dengan Arak-arakan sebelumnya, maka dari itu bentuk kostum dari JFC selalu menyerupai Reyog dimana pada saat itu juga terdapat acara serupa, festival kostum di negara-negara Amerika. Bahkan hingga saat ini puluhan group Reyog di kota Jember masih berpartisipasi dan mendukung kegiatan JFC tiap tahun.

Dengan berorientasi pada trend fashion dunia yang dibalut pesona budaya Indonesia, pelaksanaan JFC setiap tahunnya berjalan sukses. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2003 lalu, Jember Fashion Carnival terus mendapat sorotan dari media internasional di setiap perhelatannya. Bagaimana tidak, karnaval ini merupakan yang terbesar nomor 4 di dunia setelah Mardi Grass di New Orleans di Amerika Serikat, Rio De Jeneiro Carnaval di Brazil, dan Fastnatch Koln di Jerman.

Sebagai salah satu karnaval terbesar di dunia, Jember Fashion Carnival tentu saja tidak menyuguhkan hal yang biasa-biasa saja. Karnaval ini akan menjadikan jalan raya dalam kota sebagai catwalk sepanjang 3,6 km. Catwalk tersebut termasuk yang terpanjang di dunia dimana menjadi etalase hidup dari ratusan maha karya berupa desain adibusana spektakuler yang berakar pada budaya Indonesia.

Situs Kerajaan Majapahit

15:08 0
gajah mada
Gajah mada


Kerajaan majapahit yang berdiri abad Xlll-XIV atau tahun 1293-1500 M oleh Raden Wijaya telah mengalami masa kejayaan terutama pada masa pemerintahan hayam wuruk sekitar tahun 1350-an hingga tahun 1389 M dengan patih gajahmada melalui sumpah palapa. Kurun waktu 202 tahun atau 2 abad lebih kerajaan majapahit mampu menguasai wilayah nusantara hingga semenanjung malaya membuat kerajaan majapahit sebagai kerajaan terbesar di nusantara.

Situs kerajaan majapahit
Add caption
Kini pasca keruntuhan kerajaan majapahit lebih kurang 5 abad yang lalu masih dapat dilihat sisa-sisa kejayaan majapahit yang mencapai puluhan bahkan ratusan yang tersebar dikawasan Mojokerto Jawa Timur.

Situs kerajaan majapahit ini dapat dijumpai salah satunya dikawasan kecamatan Trowulan ,Mojokerto yang diduga menjadi pusat kerajaan majapahit dan hampir setiap sudut desa dikecamatan Trowulan dapat dengan mudah menemukan sisa-sisa peninggalan kerajaan majapahit belum lagi ratusan benda peninggalan majapahit yang belum terungkap dan tertimbun tanah situs ngliguk,trowulan misalnya yang ada didesa nglinguk .

Di desa ini cukup banyak dijumpai peninggalan kerajaan majapahit seperti candi yang terbuat dari batu andesit kemudian pecahan tembikar,keramik,yoni,mata uang logam,sumur kono,tapi sayangnya situs majapahit di Nglinguk mengalami banyak kerusakan .Jejak sejarah majapahit tak kalah menarik candi brahu didesa Bejijong, trowulan masih terlihat utuh mengingat candi ini disinyalir sebagai tempat pembakaran jenazah atau kreamasi jenazah selanjutnya candi wringin lawang didukuh wringin,jatipasar berbentuk gapura juga diduga sebagai pintu gembar komplek kerajaan .

Situs kerajaan majapahit1
Situs Kerajaan Majapahit

Peninggalan majapahit di Trowulan ini umumnya berbentuk candi seperti candi tikus,kedaton dan beberapa candi unik lainnya dikawasan trowulao. Menariknya bahan bangunan peninggalan majapahit berasal dari bata merah sebagaimana terlihat dari hasil temuan dikawasan Trowulan belum lama ini salah satunya situs puri,sumber girang yang ada didesa puri . Di desa ini banyak ditemukan susunan bata merah yang diduga bekas rumah penduduk masa kerajaan majapahit dan uniknya bata merah sejenis ini dapat dengan mudah ditemui baik persawahan,pemukiman penduduk dan berbagai tempat dikawasan Trowulan.

Peninggalan sejarah kerajaan majapahit selain berbentuk candi,tembikar,yoni ,mata uang juga ditemukan kolam kuno yang dikenal kolam segaran diduga sebagai tempat rekreasi dan menjamu tamu-tamu kerajaaan kemudian penemuan puluhan situs majapahit didesa trowulan yakni bangunan ,arca ,gerabah serta makam yang disinyalir sebagai pusat kerajaan sebagaimana tertulis dalam kitab kakawin nagarakertagama.

Menariknya peninggalan sejarah majapahit tidak terbatas pada cagar budaya tetapi mampu menciptakan seni budaya sebagai cikal bakal kebudayaan baru di Indonesia salah satu seni terakota atau kerajinan tanah liat/batu bata yang tersebar di Trowulan dan sekitarnya. Seni terakota yang berkembang di Trowulan sebagaimana penemuan beberapa cagar budaya yang terbuat dari tanah merah seperti jambangan ,genting,batu merah ,vas bunga dan lainnya diduga sebagai mata pencaharian penduduk pada masa Majapahit. Seni terakota dimasa majapahit masih menggunakan metode sederhana penjemuran dengan sinar matahari serta metode pembakaran yang tetap bertahan hingga kini.

Sayangnya beragam peninggalan cagar budaya yang banyak ditemukan dalam kawasan Trowulan dan sekitarnya terancam punah pasalnya pengrajin batu bata seringkali menemukan batu batu kuno atau benda purbakala saat menggali dan mencari tanah merah sebagai bahan pembuatan batu bata kemudian batu bata kuno maupun benda purbakala lainnya bukannya diserahkan pada pihak berwenang melainkan diperjualbelikan secara bebas ,akibatnya setiap ada penemuan baru cagar budaya keselamatannya tidak dapat dijamin kadang hilang entah kemana. Situs majapahit dikawasan Trowulan bernilai historis dan peradapan yang tinggi.

Kota Pahlawan Surabaya

15:02 0
Kota Surabaya
Kota Surabaya
Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Kota Surabaya juga merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia bagian timur.

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta., pada tanggal 10 November 1945 banyak para pejuang kemerdekaan gugur melawan penjajah, sehingga dikenal dengan nama Kota Pahlawan. Kota ini dahulunya merupakan pusat perdagangan bagi kerajaan Majapahit, Singosari, dan Kediri. Terletak di muara sungai Brantas, Surabaya secara resmi didirikan pada tahun 1293 di tempat pertarungan legendaris antara hiu (sura) dan buaya (baya).

Surabaya dulunya merupakan gerbang Kerajaan Majapahit, yakni di muara Kali Mas. Bahkan hari jadi Kota Surabaya ditetapkan sebagai tanggal 31 Mei 1293. Hari itu sebenarnya merupakan hari kemenangan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya terhadap pasukan kerajaan Mongol utusan Kubilai Khan.

Saat ini Surabaya menjadi kota industri modern, pusat ekonomi dan perdagangan Jawa Timur, dan juga sebagai rumah bagi TNI Angkatan Laut. Surabaya memiliki luas daerah terbesar kedua setelah Jakarta. Dalam hal populasi serta perdagangan, kota inipun bukan tempat yang sepi kegiatan. Surabaya memiliki jumlah penduduk kira-kira 3 juta jiwa, sehingga Anda tidak akan pernah merasa kesepian di kota ini.

Kota Surabaya
Kota Surabaya

Kota ini mewakili percampuran berbagai budaya Jawa dengan pembangunan industri modern. Bagi pengunjung, tujuan wisata utama di Surabaya diantaranya adalah kebun binatang dan museum Sampoerna. Dengan tersedianya jembatan baru, Suramadu, yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura di arah utaranya, Anda juga dapat mengunjungi Madura dimana Anda dapat merasakan kesenangan dan ketegangan dalam acara khas karapan sapi. Kota ini juga merupakan tempat ideal untuk mengawali petualang ke tujuan wisata lain yang terdapat di Jawa Timur seperti Gunung Bromo atau menikmati hawa sejuk di pegunungan Malang dan keindahan alam di dataran tinggi Ijen.

Alat transportasi yang terdapat di Surabaya adalah taksi, bemo(angkot), dan bus kota.

Bus kota adalah angkutan paling populer di Surabaya. Bemo beroperasi di rute berbeda yang dinamai A, B, C dll.

Bandara di Surabaya bernama Juanda (SUB). Banyak rute penerbangan domestik dan Internasional yang menggunakan bandara Surabaya sebagai tempat transit.

Tahun 2014 dengan walikotanya Tri Rismaharini, Surabaya Masuk Nominasi Kota Terbaik Dunia, versi Asosiasi Kota-Kota Dunia yang bermarkas di London, Inggris.