Kota Pahlawan Surabaya

15:02
Kota Surabaya
Kota Surabaya
Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Kota Surabaya juga merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia bagian timur.

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta., pada tanggal 10 November 1945 banyak para pejuang kemerdekaan gugur melawan penjajah, sehingga dikenal dengan nama Kota Pahlawan. Kota ini dahulunya merupakan pusat perdagangan bagi kerajaan Majapahit, Singosari, dan Kediri. Terletak di muara sungai Brantas, Surabaya secara resmi didirikan pada tahun 1293 di tempat pertarungan legendaris antara hiu (sura) dan buaya (baya).

Surabaya dulunya merupakan gerbang Kerajaan Majapahit, yakni di muara Kali Mas. Bahkan hari jadi Kota Surabaya ditetapkan sebagai tanggal 31 Mei 1293. Hari itu sebenarnya merupakan hari kemenangan pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya terhadap pasukan kerajaan Mongol utusan Kubilai Khan.

Saat ini Surabaya menjadi kota industri modern, pusat ekonomi dan perdagangan Jawa Timur, dan juga sebagai rumah bagi TNI Angkatan Laut. Surabaya memiliki luas daerah terbesar kedua setelah Jakarta. Dalam hal populasi serta perdagangan, kota inipun bukan tempat yang sepi kegiatan. Surabaya memiliki jumlah penduduk kira-kira 3 juta jiwa, sehingga Anda tidak akan pernah merasa kesepian di kota ini.

Kota Surabaya
Kota Surabaya

Kota ini mewakili percampuran berbagai budaya Jawa dengan pembangunan industri modern. Bagi pengunjung, tujuan wisata utama di Surabaya diantaranya adalah kebun binatang dan museum Sampoerna. Dengan tersedianya jembatan baru, Suramadu, yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura di arah utaranya, Anda juga dapat mengunjungi Madura dimana Anda dapat merasakan kesenangan dan ketegangan dalam acara khas karapan sapi. Kota ini juga merupakan tempat ideal untuk mengawali petualang ke tujuan wisata lain yang terdapat di Jawa Timur seperti Gunung Bromo atau menikmati hawa sejuk di pegunungan Malang dan keindahan alam di dataran tinggi Ijen.

Alat transportasi yang terdapat di Surabaya adalah taksi, bemo(angkot), dan bus kota.

Bus kota adalah angkutan paling populer di Surabaya. Bemo beroperasi di rute berbeda yang dinamai A, B, C dll.

Bandara di Surabaya bernama Juanda (SUB). Banyak rute penerbangan domestik dan Internasional yang menggunakan bandara Surabaya sebagai tempat transit.

Tahun 2014 dengan walikotanya Tri Rismaharini, Surabaya Masuk Nominasi Kota Terbaik Dunia, versi Asosiasi Kota-Kota Dunia yang bermarkas di London, Inggris.



Thanks To UongJowo for the original content on this blog, and for permission to re-post the articles "Adhe Ken"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »